Mengatasi Simple Server (S60v3) yang Tidak Konek Internet


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang Simple Server pada S60v3 yang tidak bisa tersambung ke internet walaupun settingan Internet Gratis-nya sudah benar.

Begini ceritanya.

Symbian saya (Nokia 5700 XM) sudah lama tidak di-Hard Reset (Format 3 Jari), dan terasa RAM-nya semakin sedikit, jadi saya putuskan untuk memformat ulang (Hard Reset / Format 3 Jari).

Setelah diformat, seperti biasa yaitu saya hack dengan Mobile Security Anti Virus. Karena mudah, saya sering memakai cara ini untuk hack Symbian teman saya. Symbian saya hacked, Python Degenerations sudah terpasang, Simple Server sudah siap tempur, tapi tiba-tiba tidak bisa menyambung (konek) ke internet. Ketika saya periksa pada Simple Server, di Pilihan (Option) – Server – Log, ternyata tidak ada log atau transaksi yang berjalan. Dan anehnya, kalau tidak pakai Simple Server, koneksi internet berjalan dengan lancar.

Mengapa demikian? Apa Penyebabnya?

Ternyata setelah beberapa hari, setiap kali me-restart atau menghidupkan Symbian saya, ada peringatan dari Mobile Security Antivirus yang mungkin intinya adalah internet yang akan berjalan di-filter atau disaring oleh Mobile Security Antivirus.

Nah, inilah penyebab yang sebelumnya tidak saya pikirkan sampai ke sana. Ternyata Mobile Security Antivirus mem-block koneksi internet dari Simple Server dan Oupeng (yang berbagai macam jenisnya).

Bagiamana solusinya?

Solusinya mudah. Silakan disable Internet filtering dan firewall pada Mobile Security Antivirus. Atau kalau tidak mau ribet, silakan hapus (uninstall) Mobile Security Antivirus dari Symbianmu. 

Jika ada masalah lain, silakan posting di komentar.
Semoga membantu. Terima kasih.

Leave a Reply

