Internet: Nama Domain dan seluk beluknya


Pengertian Nama Domain Beserta Unsurnya
Nama domain secara umum bisa disimpulkan sebagai identitas atau merk anda di internet yg digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. Atau dengan kata lain nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet, sebagai contoh: http://www.undiknas.ac.id, http://www.detik.com
domain
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Nama domain bisa ber-ekstensi internasional seperti com, net, org, info, biz, name, ws. Sedangkan ada juga yg ber-ekstensi nasional sesuai dengan negara semisal untuk negara Indonesia menggunakan ekstensi “id”, misalnya co.id (domain perusahaan), ac.id (domain pendidikan/akademik), go.id (domain pemerintahan), or.id ( domain organisasi). Domain ekstensi internasioal biasa disebut juga gTLD (global Top Level Domain) sedangkan nasional disebut juga ccTLD (country code Top Level Domain) yang juga menyertakan kode negara. “id” dalam hal ini berarti Indonesia.
Aturan memilih nama domain
Nama domain dapat berbeda tergantung dari aturan badan pengelola domain misalnya untuk pengaturan nama domain di Indonesia dipegang oleh PANDI. Secara umum ada aturan penggunaan nama domain, yaitu:
1. Nama domain boleh menggunakan huruf, angka dan tanda minus “-”
2. Spasi dan simbol lainnya, seperti garis bawah “_” tidak diperbolehkan
3. Nama domain pada umumnya selalu huruf kecil semua.
4. Domain tidak boleh diawali maupun diakhiri dengan tanda minus “-”.

Cara memilih nama domain yang bagus
Nama domain yang bagus tergantung dari kebutuhan yang akan digunakan. Semisal anda ingin mendaftarkan domain untuk perusahaan dan tidak digunakan secara publik atau komersial sehingga tentu nama domain tersebut harus sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah tips umum untuk pemilihan nama domain:
1. Pilih domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Terkadang anda mesti memberitahu seseorang secara verbal nama domain anda, mungkin lewat telepon atau radio dan nama domain yang samar-samar mirip bisa membingungkan.
2. Jagalah agar nama domain anda tidak panjang namun juga tidak terlalu pendek. Anda bisa juga menggunakan singkatan, namun sebaiknya berarti dan mudah diingat.
3. Daftar dan beli nama domain yang mewakili nama perusahaan, nama produk atau tema website anda.
4. Pilih nama domain yang menggunakan extension .com terlebih dahulu karena paling populer. Bila sudah diambil oleh orang lain, anda bisa menggunakan domain extension lain seperti .net .biz .info dsb.
5. Gunakan tanda minus “-” untuk penyambung sebagai alternatif, misalnya websiteku.com sudah diambil orang, website-ku.com adalah alternatif yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s